Persamaan Dan Perbedaan Akbar Tandjung Dan Setnov

Persamaan Dan Perbedaan Akbar Tandjung Dan Setnov

Persamaan Dan Perbedaan Akbar Tandjung Dan Setnov

PolitikBersuara –  Setya Novanto (Setnov) dan Akbar Tanjung punya sedikit kesamaan. Keduanya sama-sama ketua DPR dan ketua umum Partai Golkar yang pas pula tersandung kasus korupsi. Akbar yang memulai karir politik sejak muda menjadi tersangka per 8 Januari 2002 dalam kasus korupsi dengan dana nonbuteter Buklog senilai Rp40 miliar.

Saat diperiksa tim penyidik KPK, 9 Maret 2002, Akbar yang kala itu menaiki Toyota Land Curiser sempat hendak meninggalkan gedung KPK lewat pintu belakang sekitar pukul 17.30 WIB. Tapi pintu langsung dengan cepat ditutup dan dikunci. Lelaki kelahiran Sibolga, 15 Agustus 1945 itu pun diseret kembali ke dalam gedung dan langsung ditahan.

Sementara Setnov sempat kabur saat tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi rumahnya, Rabu (15/11/2017) malam. Keesokan harinya dia langsung mendapat kecelakaan ketika, konon, akan menyerahkan diri ke KPK. Pada Jumat kemarin, tim penyidik mengeserkan perawatan Setnov dari rumah sakit di Permata Hijau ke RSCM, lalu pada Minggu (19/11/2017) malam dia langsung di jebloskan ke rumah tahanan KPK.

jelaspoker

Dengan kasusnya tersebut, akankah dia secara jantan berani melepas dua jabatan yang disandangnya? Jawabannya bisa iya atau tidak. Iya, karena faktanya Setnov pernah dengan ikhlas melepas jabatan ketua DPR saat tersandung kasus “Papa Minta Saham”. Kalau pun kali ini dia bersikeras tidak mau mundur, secara kasak mata bisa dipahami dengan merujuk Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3). Pasal 89 ayat 2, seorang pimpinan DPR dapat mundur dari jabatan ketika ia meninggal dunia, mengundurkan diri sendiri, atau diberhentikan paksa.

Dengan demikian, Setnov baru bisa dilengserkan jika ia sudah resmi dinyatakan bersalah dan putusan hukumnya berkekuatan dengan hukum tetap (inkrah). Setya Novanto juga bisa dilengserkan dari Ketua DPR jika Partai Golkar menuntut pergantian pimpinan atau Partai Golkar menarik nama Setnov dari anggota DPR.

Secara politik, Setnov bisa melihat dari kasus seniornya, Akbar Tanjung. Kala itu, dalam status terdakwa, Akbar sebagai ketua DPR hebatnya masih berani memimpin delegasi Indonesia untuk konferensi Internasional Parliament Union (IPU) di nang dong, Vietnam pada awal September 2002. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang dipimpin Ahmaruddin Zakar baru menjatuhkan vonis penjara 5 tahun (tuntutan jaksa 6 tahun), pada 5 November 2002. Pengadilan Tinggi Pusat DKI kemudian membekukan vonis tersebut pada 18 Januari 2003.

Hebat nya, Akbar Tanjung tetap dalam posisinya sebagai ketua DPR maupun ketua umum Partai Golkar. Dia mengajukan permohonan ke Mahkamah Agung, dan dikabulkan pada 13 Februari 2004. Oh ya, selain peraturan berkekuatan hukum tetap, yang perlu diketahui ialah tuntutan di bawah 5 tahun penjara. Dalam kasus Akbar, tim jaksa penuntut hanya menuntutnya dengan hukuman 4 tahun.

Senjata lain yang dipakai Setnov adalah peradilan . Dia pernah punya pengetahuan tentang hal ini, ketika hakim Cepi Iskandar pada 29 September lalu mengabulkan peradilannya melawan KPK. Kali ini pun, dia pun sudah ancan-ancang akan mendaftarkan langkah serupa.

Di pihak lain, tentu KPK juga bisa melihat dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Tim penyidik KPK kemungkinan tak akan mengikuti Kejaksaan yang cuma menuntut Akbar Tanjung 4 tahun penjara. Berpandang pada pengalaman sulitnya menangkap dan menahan Setnov, bukan tidak mungkin tim penyidik KPK tak akan menahan Setnov secara permanen karena dimungkinkan oleh hukum acara yang berlaku saat ini.

BANDAR DOMINO ONLINE | BANDAR POKER ONLINE | BANDAR ADUQ ONLINE | AGEN CAPSA ONLINE | ADUQ ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *